THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 20 Januari 2011

Desa Pekraman Benteng Selamatkan Seni Budaya Bali

DENPASAR, KOMPAS.com — Desa Pekraman menjadi benteng dalam menyelamatkan dan mengembangkan seni budaya Bali di tengah perkembangan pariwisata yang pesat, dengan harapan warisan seni budaya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan tetap kokoh dan lestari.
"Kokohnya seni budaya Bali akan tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisman untuk berliburan ke Pulau Dewata," ujar Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Jumat.
Gubernur menambahkan, atas dasar cukup strategisnya keberadaan desa adat di Bali terus diberdayakan dengan harapan mampu menangkal dampak negatif dari perkembangan pariwisata.
Banyak hal yang perlu mendapat perhatian masyarakat Bali di tahun 2009. Selain menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum legislatif, juga kegiatan ritual berskala besar Panca Bali Krama di Pura Besakih, serta bencana alam banjir dan tanah longsor.
Ia mengharapkan Bendesa (Kepala Desa) Pekraman lebih meningkatkan rasa suka duka dan persaudaraan di kalangan masyarakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul.
Sebelumnya, gubernur menyerahkan bantuan untuk 35 desa adat di Kota Denpasar, yang masing-masing desa menerima sebesar Rp 50 juta.
Bantuan desa adat untuk Kota Denpasar sebesar Rp 1,7 miliar merupakan penyerahan terakhir dari 1.453 desa adat di delapan kabupaten dan satu kota di Bali, yang seluruhnya bernilai Rp 72,65 miliar.
Wali Kota Depasar IB Rai Dharma Wijaya Mantra menyambut baik bantuan untuk pemberdayaan desa adat karena mampu memberikan banyak manfaat dalam menjalankan kewajiban menyangkut adat, budaya, dan agama.

Sumber : Ant

0 komentar: