THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 17 Februari 2011

Pandawa Lima

Pandawa (Panca Pandawa) merupakan sebutan bagi kelima putra Prabu Pandu Dewanata, raja Kerajaan Astina Pura. Dia memiliki dua orang istri, yaitu: Dewi Kuntitalibrata dan Dewi Madrim. Dari pernikahannya dengan Dewi Kunti, ia memiliki 3 orang putra, yaitu: Yudhistira, Bima, dan Arjuna. Sedangkan dengan Dewi Madrim memiliki putra kembar bernama Nakula dan Sadewa.
Kelima putra ini dibesarkan oleh Dewi Kunti, karena Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madrim telah wafat sewaktu mereka semua masih kecil.


Yudhistira atau sering disebut juga Puntadewanata adalah Pandawa tertua. Memiliki sifat penyabar, jujur, suka menolong sesama, mencintai orang tua dan melindungi saudara-saudaranya. Ia ahli dalam hal kerohanian, sehingga disebut berdarah putih dan mementingan perdamaian, persatuan dan kesejahteraan bersama. Yudistira dianugrahi senjata pusaka Jamus Kalimasada yang memiliki kekuatan untuk memberikan perlindungan dan petunjuk pada kebenaran dan kesejahteraan.


Pandawa yang kedua adalah Bima atau Werkodara atau Bratasena. Arti nama Bima adalah setia pada satu sikap. Ia tidak suka berbasa-basi, dan tidak pernah menjilat ludahnya sendiri. Sifatnya jujur, tidak sombong, patuh pada para gurunya, dan juga sangat mencintai ibu dan saudara-saudaranya. Selain memiliki kekuatan yang luarbiasa yaitu mampu membongkar gunung dan menguasai kekuatan angin, kesaktiannya terletak pada Kuku Pancanaka di tangan kanan dan kirinya. Bima adalah perlambang kekuatan dari Panca Pandawa.


Pandawa yang ketiga adalah Arjuna. Wajahnya sangat tampan hingga mempesona hampir semua wanita. Ia juga mahir memanah, ksatria yang cerdik dan pintar, penolong sesama, ahli bertapa, dan ahli dibidang kebudayaan dan kesenian. Arjuna memiliki beberapa nama, diantaranya: Janaka, Pandupura, Kuntadi, dll.


Nakula adalah saudara tua dari pasangan putra kembar Nakula dan Sadewa. Meskipun berbeda ibu dengan saudara yang lain, persaudaran mereka tetap erat. Nakula dikenal juga dengan nama Raden Pinten. Selain sakti, berbudi pekerti luhur, ia juga ahli dalam bidang pertanian.


Walaupun merupakan ksatria termuda dari Panca Pandawa, Sadewa tidak kalah dengan kakak-kakaknya. Ia juga sangat sakti, berbudi pekerti luhur, mencintai orang tua dan sesama, berbeda dengan Nakula yang ahli dalam pertanian maka Sadewa ahli dalam peternakan. Sadewa dikenal juga dengan nama Raden Tangsen.
Nakula dan Sadewa mencerminkan tingkahlaku untuk mencapai kesejahteraan hidup atau kemakmuran hidup.

0 komentar: